humor

16.11.13

Pahami Tipikal Lawan Bicara

 

Dengan orang bertipikal seperti ini, tetaplah kita bersahabat, tetapi menarik garis demarkasi bayangan agar tidak berperilaku seperti mereka. Semoga kita tidak termasuk di dalamnya:

1. Tipe dalang alias monolog. Mendominasi pembicaraan dengan ucapan "Saya" atau "Aku" dengan kebanggaan positif dan memuji diri sendiri dengan berbuih-buih, tetapi lupa berdialog dengan lawan bicara. Ini tipe monolog, bukan dialog.

2. Tipe injak tangga; mengangkat derajat diri sendiri sembari merendahkan orang lain. Lazimnya terjadi pada seseorang yang merasa mulia atau merasa bahwa orang lain tergantung pada jasa-jasanya. Orang lain "diinjak" agar derajatnya melejit di hadapan pendengar.

3. Tipe penyumpah. Maksudnya, sosok demikian seringkali bersumpah atas nama Tuhan untuk mendukung ucapannya. Sesungguhnya, tipe seperti tahu bahwa dirinya dianggap pembohong oleh orang lain, untuk itulah ia mengobral sumpah sebagai upaya agar lawan bicara mempercayai ucapannya.

4. Tipe beo. Mereka yang gemar menceritakan aib sahabatnya di hadapan kita. Kelak manusia tipe begini bakal mengumbar aib kita di hadapan orang lain.
---
Dhawuhnya Umar bin Abdul Aziz, "Berbahagialah manusia yang sadar diri dengan kapasitas dan kualitas dirinya!Posted by Penerbit imtiyaz,http://imtiyaz-publisher.blogspot.com/ Penerbit Buku Buku Islam

No comments:
Write comments

Advertisement

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

-

Terbitan




Dgus dur dan sepakbola terbitan penerbit imityaz

ensiklopedia 22 aliran tasawwuf

Hilyah buku cerdas bahasa arab dan inggris

Menyongsong Taqdir Meniti Asa

Dari Pesanteren untuk ummat terbitan penerbit imityaz

pengetahuan dasar alqur'an penerbit imityaz



Rasionalisasi Tuhan

Rasionalisasi Tuhan

Rasionalisasi Tuhan