humor

30.12.16

Bahasa dan pemikiran merupakan dua sisi mata uang.

 

اللغة والفِكر وجهان لعُملة واحدة

Bahasa dan pemikiran merupakan dua sisi mata uang. Keduanya tidak bisa dipisahkan satu sama lain.
Ini bukan hanya tentang bahasa Arab saja. Namun ini adalah fakta yang telah disepakati oleh seluruh cendekiawan dari segala bahasa. Bahkan para ahli bahasa dan psikologi telah melakukan penelitian dan melihat hal-hal yang membuktikan kebenaran fakta ini.

Salah satunya adalah kisah seorang profesor Mesir, lulusan Barat dan sangat mahir bahasa Inggris. Sementara istrinya sangat mahir bahasa Perancis. Ketika punya anak mereka membuat kesepakatan untuk menjadikan putra mereka ahli 3 bahasa sekaligus. Demi mewujudkan ini mereka berbagi tugas: sang suami berbicara kepada putranya dengan bahasa Inggris, istrinya dengan bahasa Perancis dan pengasuh anaknya dengan bahasa Arab. Namun hasilnya di luar keinginan!! Sang putra tumbuh menjadi seperti orang bodoh yang tidak bisa mengungkapkan dengan baik. Ia paham semua perkataan orang, namun ia tidak bisa menjawabnya.

Sang anak dibawa ke dokter, namun semua dokter di Mesir angkat tangan tidak tahu penyebab hal ini. Akhirnya ia dibawa ke dokter di Inggris. Dokter ini berkata: ceritakan seluruh kisah anak anda. Sang ayah pun dengan detail menceritakan, hingga dokter ini sadar bahwa sebab utama keadaan ini adalah karena sang anak tumbuh tanpa memiliki satu bahasa utama. Tanpa bahasa utama ia tidak akan bisa mengungkapkan atau mempelajari bahasa lainnya.

Benar, kunci mempelajari bahasa lain adalah menguasai bahasa sendiri. Dulu saya melihat orang-orang yang bekerja di daerah Piramida Mesir menguasai banyak bahasa. Memahami 8 atau 9 bahasa adalah hal biasa bagi mereka. Filsuf Muslim asal Perancis, Abdul Wahid Yahya (Rene Guenon) paham 24 bahasa. Lihatlah Negara-negara seperti Jepang dan Jerman. Mereka melarang warganya mempelajari bahasa asing, kecuali setelah menguasai bahasa sendiri.

Orang yang tidak menguasai bahasanya sendiri tidak akan mampu berpikir lurus dan tidak akan mampu berkreasi.
 Image may contain: 1 person, standing and beard
• Maulana Syaikh Ali Jum'ah
(Wa Allahu A'lam, CBC, 24 Desember 2016. Dikutip dari FP santri beliauditulis oleh Rijal Mumazziq Z Posted by Penerbit imtiyaz,http://imtiyaz-publisher.blogspot.com/ Penerbit Buku Buku Islam.

No comments:
Write comments

Advertisement

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

-

Terbitan




Dgus dur dan sepakbola terbitan penerbit imityaz

ensiklopedia 22 aliran tasawwuf

Hilyah buku cerdas bahasa arab dan inggris

Menyongsong Taqdir Meniti Asa

Dari Pesanteren untuk ummat terbitan penerbit imityaz

pengetahuan dasar alqur'an penerbit imityaz



Rasionalisasi Tuhan

Rasionalisasi Tuhan

Rasionalisasi Tuhan